Kamis, 7 April 2022, adalah hari yang menegangkan bagi Rafa Guntur Wicaksana dan Berliana Mustika Dewi, siswa MTs Negeri 1 Kulon Progo, yang merupakan tim Lomba Cerdas Cermat (LCC) Keuangan Syariah tingkat Nasional. Duo ini harus bertarung dengan melawan peserta dari tiap provinsi se-Indonesia. “Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan tahun 2022 sebagai rangkaian kegiatan Gebyar Safari Ramadhan 1443 H,” demikian disampaikan Kepala OJK DIY, Parjiman.


Kegiatan tahapan lomba telah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Tahap pertama adalah penyisihan yaitu pada Selasa, 15 Maret 2022 yang diselenggarakan di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 5 MTs dari kabupaten/kota di DIY. Kegiatan lomba dimulai pukul 12.30 WIB dan berakhir pukul 15.30. Dari kelima MTs ini mengikuti 3 babak untuk mencari tim terbaik yang akan mewakili DIY di tingkat nasional. Tim dari tim MTs terdiri atas 2 siswa. Tim dari MTsN1KP diwakili oleh Rafa Guntur Wicaksana dan Berliana Mustika Dewi semuanya dari kelas VIIIA.
Rafa dan Berliana harus mengikuti 2 babak seleksi. Babak pertama mereka harus menyelesaikan 30 soal secara tertulis. Babak ini mencari 3 terbaik dari 5 tim yang ada. Tim MTsN1KP masuk ke babak selanjutnya. Mereka kembali bertarung dengan 2 tim lainnya, dengan menjawab 25 soal. “Babak kedua ini mencari tim terbaik. Namun, pada babak ini ada skor yang sama dari tim Kulon Progo dan Gunung Kidul sehingga diberikan tambahan satu babak lagi untuk mencari yang terbaik dari yang terbaik.Pada babak tambahan ini diajukan pertanyaan secara lisan dan langsung dijawab oleh peserta,” papar Harmin Prihatmoko, S.E.T. yang mendampingi Tim MTsN1KP pada pelaksanaan lomba.
Selanjutnya, kegiatan ujicoba teknis pelaksanaan lomba dilaksanakan Selasa, 5 April 2022 melalui zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan di Perpustakaan MTsN1KP dan dihadiri dari pembimbing provinsi dari OJK DIY dan Bidang Madrasah Kanwil Kemenag DIY.


Kamis (7/4) kemarin telah memasuki babak penyisihan. Babak ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting di Kantor OJK DIY. Duo Rafa—Berliana mengikuti kegiatan dengan serius dari awal hingga akhir. Selama kegiatan lomba virtula ini disaksikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, H. Abd. Su’ud, S.Ag., M.S.I.. Selain itu sebagai penyemangat duo Rafa—Berliana, hadir juga Kepala MTSNegeri 1 Kulon Progo, Drs. H. Legiman, M.S.I. didampingi guru pendamping, Harmin Prihatmoko, S.E.T.
Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, H. Abd. Su’ud, S.Ag., M.S.I. menyampaikan apresiasi yang tinggi pada siswa dan MTs Negeri 1 Kulon Progo. “Saya mengapresiasi prestasi ini. Siswa kita mampu masuk dalam 10 besar peringkat nasional, yaitu peringkat ketujuh. Meskipun belum masuk final, prestasi ini telah menunjukkan kemampuan siswa madrasah kita. Semoga ke depan, prestasi-prestasi madrasah semakin membanggakan.”
“Meski kecewa belum bisa masuk finasl, tetapi kami sangat senang bisa ikut lomba ini, selian menambah pengetahuan, kami jadi tahu kemampuan diri sendiri,” kata Rafa Guntur Wicaksana setelah mengikuti lomba. (smd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.