Kulon Progo – (MTs Negeri 1 Kulon Progo) Jumat, 2 April 2021 segenap Guru dan Tenaga Kependidikan MTs Negeri 1 Kulon Progo melaksanakan Khotmil Quran yang sudah sampai pada putaran ke-13. Dalam kegiatan tersebut juga diagendakan doa bersama dalam rangka s    ukses Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) yang akan dilaksanakan Senin—Kamis, 5—8 April 2021 oleh seluruh siswa kelas IX.

Kegiatan menjadi berbeda karena di dalam acara ini diundang semua siswa kelas IX MTsN1KP bersama orang tua/wali mereka. “Harapannya ada sinergi yang sama untuk mendoakan para siswa yang akan melaksanakan ASPD. Mohon kepada orang tua/wali siswa mendoakan para putra putri agar nanti di dalam pelaksanaan ASPD dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala,” demikian disampaikan oleh Kepala MTsN1KP, Drs. H. Legiman, M.S.I. dalam sambutannya.

Pelaksanaan kegiatan melalui virtual, yaitu dengan fasilitas Zoom Meeting. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi para siswa dan orang tua/wali siswa kelas IX. Hal ini dibuktikan dengan peserta yang lumayan banyak. Sementara bagi siswa dan orang tua/wali yang tidak dapat masuk ke dalam ruang Zoom, dapat mengakses melalui siaran langsung di YouTube.

Antusiasme ini mungkin karena acara malam ini begitu lengkap, selain Khotmil Quran dan Doa Bersama, juga dilaksanakan Pengajian Menjelang Ramadhan 1442H. Pengajian diisi oleh Ustaz Abdul Rahman, S,Ag., M.A. yang merupakan penghulu KUA Kapanewon Panjatan yang juga merupakan anggota Komite MTsN1KP.

Pengajian dilaksanakan di awal acara. Dalam tausiyahnya, Penghulu yang ramah ini menyampaikan tentang keutamaan bulan Ramadan. “Salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah disebut sebagai bulan taubat. Di bulan ini mari perbanyak tobat dan doa agar pandemi COVID-19 ini segera berakhir dan anak-anak bisa bersekolah seperti biasa.”

Selanjutnya dalam suasana santai, tetapi mengena, disampaikan juga tentang jenis iman bagi seorang muslim. Bahwa iman itu terbagi tiga, iman Qouliyah (iman terhadap ayat-ayat Allah), iman Qouniyah (iman terhadap hukum Allah, dan iman Insainyah (iman terhadap persoalan kemanusiaan). Tausiyah ini disampaikan dengan Bahasa yang sederhana dan mudah dipahami baik oleh para siswa, orang tua/wali, maupun GTK MTsN1KP.

Setelah tausiyah selesai, dilanjutkan dengan doa khotmil Quran dan doa bersama untuk kelancaran kegiatan ASPD. Doa ini dipimpin oleh Bapak Moh Mushodiq, S.Pd.I. yang merupakan Guru Bahasa Arab di MTsN1KP. (smd)

 

 

 

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.