Kulon Progo – (MTs Negeri 1 Kulon Progo) Dalam upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT atas pandemi ini, seluruh warga MTs Negeri 1 Kulon Progo menggagas kegiatan Khotmil Quran. Kegiatan ini dimulai  bulan Januari 2021 lalu. “Khotmil Quran ini dilaksanakan secara virtual yaitu melalui aplikasi Zoom Meeting,” demikian dijelaskan Kepala MTsN1KP. “Harapannya, dengan adanya upaya mendekatkan diri kepada Allah ini, pandemi  ini segera berakhir, khususnya ujian yang menimpa warga MTsN1KP segera diangkat dan kembali sehat,” lanjut Drs. H. Legiman, M.S.I.  

Khotmil Quran putaran 1 sampai dengan 3 dilaksanakan pada Senin, 18 Januari 2021, Kamis, 21 Januari 2021, dan Senin, 25 Januari 2021, durasi waktu dimulai pukul 20.00—selesai. “Putaran 1—3 ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting, tetapi karena beberapa warga yang tidak bisa mengikuti karena terkendala sinyal yang sulit, akhirnya putaran berikutnya sesuai kesepakatan dilaksanakan secara virtula melalui WA Grup,” papar Waka Humas MTsN1KP, Siti Mulbisah Dallailati. Kegiatan ini mengakomodasi semua kepentingan, agar kebersamaan dan kekompakan semua warga tetap terjaga.

Seperti pada umumnya, kegiatan ini dimulai dengan pembacaan 30 juz dalam Al Quran yang dibaca dengan cara dibagi kepada seluruh warga MTsN1KP. Pembacaan harus sudah selesai setelah Asar sebelum pelaksanaan Khotmil Quran putaran tersebut. Hal ini disepakati dan dilaksanakan dengan sangat baik oelh semua warga madrasah.

Putaran 4 sampai dengan 6 telah dilaksanakan secara berurutan pada Kamis, 28 Januari 2021, Kamis, 4 Februari 2021, dan Kamis, 11 Februari 2021 yang lalu. “Kegiatan dimulai pukul 19.45 WIB dan doa bersama dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Semua warga menyimak WAG dan mengikuti serangkaian acara dengan dipandu oleh seorang pemandu acara,” jelas Guru Bahasa Indonesia ini. Pemimpin doa akan mengirimkan doa di WAG dengan perantara pesan suara sehingga bisa didenganrkan dan di-aamiin-kan oleh seluruh peserta Khotmil Quran.

Selama kegiatan Khotmil Quran ini, pemimpin doa diambil dari warga madrasah yang kompeten. Mereka secara bergiliran memimpin doa pada acara ini. Beberapa guru yang ditunjuk antara lain, Drs. H. Suradi, Drs. H. Hudayawan Arif, Lukman Muttaqin, S.S., dan Moh. Mushodiq, S.Ag. “Semoga kegiatan ini semakin mendekatkan kita pada Allah SWT, juga teriring doa agar seluruh warga dan keluarga besar MTsN1KP tetap dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT,” harap Drs. H. Legiman, M.S.I. Lebih lanut dipaparkan bahwa pekan ini akan memasuki putaran ketujuh dan akan dilaksanakan insya Allah, Kamis, 18 Februari 2021. “Semoga kegiatan ini terus dapat dilaksanakan secara istiqomah di MTsN1KP dalam upaya secara ruhaniah mendekatkan diri pada Allah SWT,” harap Drs. Suradi, yang merupakan salah satu pemimpin doa Khotmil Quran. (smd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.