Kulon Progo – (MTs Negeri 1 Kulon Progo) Pelaksanaan Tes Persiapan Pemantapan (TPP) Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) tingkat Kabupaten Kulon Progo yang dilaksanakan secara serentak mulai Senin—Kamis, 15—18 Februari 2021 diikuti oleh seluruh siswa kelas IX jenjang SMP/MTs. Asesmen ini dilaksanakan secara dalam jaringan (daring). “Siswa akan diberi alamat untuk mengakses asesmen ini. Kemudian siswa juga dibekali data yang berisi nomor peserta. Dalam pengisian saat mengerjakan asesmen juga dituntut ketelitian, karena jika tidak, jawaban tidak akan tersimpan, dan otomatis nilai tidak akan keluar,” jelas Waka Kurikulum MTsN1KP, Drs. Hudayawan Arif.

Kendala yang dihadapi dalam asesmen secara daring ini adalah kendala sinyal dari rumah para siswa. Mengantisipasi hal ini, madrasah menyelenggarakan tempat dan jaringan untuk siswa yang benar-benar bermasalah. “Sejauh ini hanya 2 siswa yang datang ke madrasah untuk mengikuti TPP ASPD dari madrasah,” lanjut Waka Kurikulum ini. Kondisi para siswa yang telah lama belajar dari rumah mempengaruhi kedisiplinan siswa. Hal ini membutuhkan kerja keras dari para wali kelas IX untuk selalu mengingatkan dan memfasilitasi keadaan para siswa. “Sampai rekap terakhir, siswa MTsN1KP yang bisa mengikuti TPP ASPD hari pertama baru 99,36% dari 157 siswa. Artinya satu siswa tidak dapat mengikuti TPP ASPD hari pertama,” jelas Harmin Prihatmoko, S.ET., selaku pemantau kegiatan TPP ini.

Lebih lanjut, Kepala MTsN1KP, Dr s. H.Legiman, M.S.I., mengimbau, “MOhon para wali untuk mencari tahu keberadaan dan keadaan siswa tersebut agar pada hari-hari selanjutnya kegiatan TPP ASPD ini dapat diikuti oleh semua siswa kelas IX.” (smd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.