Kulon Progo (MTsN1KP) – Sabtu, 19 Desember 2020, MTsN1KP mengundang semua orang tua/wali siswa kelas VII, VIII, dan IX ke madrasah dalam rangka penerimaan rapor semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Sistem penerimaan rapor kali ini dengan sistem dalang. Sistem ini adalah kependekan dari datang, terima rapor, langsung pulang. Hal ini terkait dengan upaya pencegahan persebaran Covid-19.

Sistem dalang  telah disiapkan dengan SOP yang jelas. Seperti misalnya, orang tua/wali siswa datang secara bergelombang sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan sebelumnya. Tempat parkir dan lalu lintas datang dan pulang sudah direkayasa sedemikian rupa sehingga tidak ada kemacetan atau penumpukan kendaraan. Orang tua/wali siswa wajib menggunakan masker. Sebelum masuk ke dalam lokasi, semua diminta mencuci tangan dengan sabun dan dicek suhu tubuh oleh petugas. Selanjutnya, menuju lokasi penerimaan rapor di hall madrasah. Wali kelas telah menunggu di meja-meja yang disiapkan. Jika ada antrean, orang tua/wali siswa menunggu dengan tetap menjaga jarak kemudian mengambil rapor dan dapat melakukan konsultasi singkat terkait pembelajaran dan siswa. Setelah itu, orang tua/wali siswa dipersilakan pulang setelah menerima rapor dengan menggunakan jalur berbeda.

 Semua informasi telah disampaikan di dalam edaran yang sudah disampaikan dalam lembaran edaran, sehingga meminimalkan kontak erat dengan orang banyak. Terlebih proses ini tetap dalam protokol kesehatan yang ketat. “Kami menyiapkan petugas agar proses pengambilan rapor ini berjalan lancar. Sarana dan prasarana sudah disiapkan dengan maksimal, misalnya alat cuci tangan, termo-gun, dan hansanitizer disiapkan di berbagai tempat. Antisipasi masker pun sudah disiapkan bagi yang tidak mengenakan masker,” papar Waka Kurikulum Drs. Hudayawan Arif.  “Diharapkan acara pembagian rapor 477 siswa selesai pukul 13.30 WIB dengan sejumah 15 kelas,” papar Hudayawan Arif.

“Alhamdulillah, hari ini kegiatan berjalan lancar. Terlebih mengingat beberapa hari kemarin hujan setiap hari dan hari ini alhamdulillah cuaca terang benderang,” papar Kepala MTsN1KP, Drs. Legiman, M.S.I. saat memantau kegiatan penerimaan raport ini. (smd)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.