Kulon Progo (MTsN1KP) – Rabu, 16 Desember 2020 dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs Negeri 1 Kulon Progo. Tim penilai terdiri dari Pengawas Madrasah dan Pengawas yang ditunjuk, yaitu Barokatussolihah, S.Ag., M.S.I. dan Kalimah, S.Ag., M.A. Tim ini menilai kinerja Kepala MTsN1KP, Drs. Legiman, M.S.I. PKKM tahun ini adalah PKKM tahunan dari masa kerja Kepala MTsN1KP.

Selama tidak lebih dari 3 jam dan tetap dalam protokol pencegahan Covid-19, tim penilai menilai kinerja kepala madrasah yang terbagi dalam 6 komponen, yaitu komponen kepribadian dan sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan, dan hasil kinerja kepala madrasah. Semua dokumen telah disiapkan oleh koordinator komponen yang diketuai oleh Waka Kurikulum, Drs. Hudayawan Arif. Koordinator secara urut dari tiap komponen adalah Jumari, S.Pd., Laela Widyawati, S.Pd., Winarti, S.Ag., Estri Ritah Indiwati, S.Ag., Ani Minarni, S.Pd., dan Nur Hadiyanto, S.Pd.

Setelah selesai penilaian, tim penilai memberikan rekomendasi dan apresiasi pada kinerja kepala madrasah ini. “Sungguh luar biasa kekompakan dan kesolidan dari Tim Pak Legiman, sehingga data dari tiap komponen dapat disajikan secara baik dan lengkap. Hal ini tidak lepas dari manajerial seorang kepala madrasah,” demikian apresiasi yang disampaikan oleh pengawas serba bis aini, Barokatussolihah, S.Ag., M.S.I. Lebih lanjut disampaikan acungan jempol terhadap upaya pengembangan madrasah yang disajikan. “Adanya lahan tidur di belakang madrasah yang dapat diubah menjadi lahan produktif adalah suatu inovasi dalam pengembangan madrasah, ke depan perlu dibidik peluang-peluang yang jitu dalam pengembangannya,” lanjut pengawas yang biasa dipanggil Bu Ikah. Hal tersebut juga di-aamiin-i oleh Kalimah, S.Ag., M.A., sebagai penilai yang ditunjuk, “Bahwa pengembangan madrasah perlu melihat potensi yang ada di lingkungan ini. Juga perlu ditingkatkan prestasi-prestasi baik akademik maupun nonakademik meski di masa pendemi agar kiprah madrasah semakin bergaung,” lanjut Kalimah.

Tim penilai juga menekankan bahwa meskipun dokumen sudah sangat lengkap, perlu kesempurnaan pendukung dokumen, misalnya foto kegiatan, SOP, dan yang sejenisnya. “Hal ini perlu sebagai tertib administrasi dan sangat bermanfaat bagi PKKM yang akan datang,” imbuhnya.

Dalam akhir acara, Kepala MTsN1KP mengucapkan terima kasih atas saran, kritik, dan rekomendasi yang disampaikan saat PKKM berlangsung. “Semoga PKKM tahun ini sebagai awal dari kinerja yang lebih baik di masa yang akan datang. Juga ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk Bapak Ibu Guru dan tenaga Kependidikan yang telah menyiapkan PKKM ini sehingga dapat berjalan lancar. Semoga hasilnya dapat membawa manfaat bagi madrasah,” tutup Legiman yang sehari sebelumnya berulang tahun. “PKKM ini adalah kado bagi Pak Legiman di usianya yang ke lima puluh tiga tahun. Semoga semakin membawa keberkahan bagi beliau juga madrasah,” tutur salah satu guru MTsN1KP. (smd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.