Kulon Progo (MTsN 1 KP)- Di awal new normal pandemi Covid-19, MTs Negeri 1 Kulon Progo laksanakan sosialisasi KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Implementasi Kurikulum pada Madrasah, Senin (8/6). Sosialisasi disampaikan oleh Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum. selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY. Sosialisasi ini diikuti oleh Kepala Madrasah, guru, pegawai, dan didampingi oleh Pengawas Madrasah.

 

Dalam paparannya, Anita menyampaikan bahwa KMA ini menjadi dasar bagi madrasah untuk mengimplementasikan kurikulum di  madrasah. Ruang lingkup keputusan itu mencakup Struktur Kurikulum, Pengembangan Implementasi Kurikulum, Ekstrakurikuler, Pembelajaran di Madrasah, dan Penilaian Hasil Belajar. Menanggapi tentang madrasah unggul, Anita menambahkan  bahwa “Menjadi madrasah unggul bukan berdasarkan tunjukan dari kanwil tetapi berdasar kesiapan madrasah itu sendiri. Jika madrasah siap, kami siap mengawal hingga benar-benar berhasil,” papar Mantan Kepala MAN 2 Kulon Progo ini. “Madrasah harus siap dengan segala perubahan yang terjadi. Yang paling berperan adalah para guru. Guru harus memunyai visi yang sama. Jangan sampai ada gap di antara para guru, sehingga tujuan menjadi terhambat ,” lanjutnya. Dalam tahap persiapan, semua stake holder harus dapat menggali kunggulan madrasah sehingga nantinya akan menjadi program di madrasah ini.

Di akhir paparan, Anita menyampaikan bahwa dia siap untuk membantu dan mengawal perencanaan madrasah ini. Hanya saja harus ada komitmen bersama sehinggan menjadi kekuatan bersama untuk bisa saling membahu agar madrasah semakin maju dan bermartabat, unggul dalam pekerti dan akademik. Penyelenggaraan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan cegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dnegan sabun dan atau hansdanityzer. Tetap sehat dan semangat. #LawanCovid-19. (ela/smd)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.