Kepala MTs Negeri I Kulon Progo,  menyampaikan Surat Pemberitahuan No: B-169/Mts.12.01/04/2020,  Menindak lanjuti Surat Edaran Kepala Bidang Madrasah kantor wilayah  kementerian Agama D.I Yogyakarta No:B-1243/Kw.12.1 /4/PP.00/04 /2020 Tanggal 21 April 2020, tentang perpanjangan masa pelaksanaan pembelajaran dirumah dan kegiatan selama bulan ramadhan 1441 H.  Mulai Tanggal 22 s.d 13 Mei 2020. Surat edaran yang disampaikan kepada orang tua siswa melalui media social online/daring.

Kami segenap keluarga besar MTsN 1 Kulon Progo mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan tahun 1441 H. Semoga dengan berpuasa kita terbentuk menjadi insan yang bertakwa. Dengan kondisi dunia saat ini kita tetap diwajibkan berpuasa sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqoroh Ayat 183 :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

            Pada Ramadhan tahun ini, kita tidak hanya berjuang melawan godaan syetan dan hawa nafsu, tapi kita juga sedang berlaga di medan perang melawan keadaan. Keadaan yang membuat banyak orang menjadi panik, takut, resah, susah, risau, galau, khawatir, ketar-ketir, waswas, mencaci, memaki, mencerca, tidak sabar dan tidak bersyukur. Pada bulan Ramadhan tahun ini masjid yang biasanya sebagai pendidikan pembiasaan/karakter sekarang harus dibatasi untuk Sholat Wajib berjamaah, Sholat tarwih, tadarus Al-Qur’an, TPA, dan buka puasa bersama karena keadaan seperti sekarang ini. Saya yakin dengan peristiwa ini Allah mempunyai rencana lain yang lebih mulya, tidak hanya pada dunia pendidikan yang mengalami hambatan, lebih terasa lagi pada sektor perekonomian, dan lain-lain.  Kita tidak boleh kalah dengan keadaan. Kita kalahkan keadaan dengan menjaga hati. Hati kita harus tetap jernih, tidak boleh terkotori dengan limbah-limbah kepanikan dan ketakutan. Hati kita tidak boleh dilanda kepanikan dan ketakutan, tapi harus tetap menjaga kewaspadaan. Ibadah jangan ditinggalkan, tapi protokol kesehatan juga jangan diabaikan. Ikhtiar lahir tetap dijalankan, tapi tawakal kepada Allah jangan sampai menjauh dari hati kita.

Berbeda dengan tahun sebelumnya madrash menjalan pesantren Ramadhan dengan mbit di Madrasah akan tetapi Pesantren Ramadhan tahun ini bersama dengan Orang tua dan keluarga. Kelas VII dan VIII akan menjalankan pesantren Ramadhan pada tanggal 29 April sd. 12 Mei 2020 sedangan Kelas IX dilaksanakan pada tanggal 27 April sd. 2 Mei 2020. Program pesantren dilakukan dirumah dengan panduan secara online/darling maupun manual yang pelaksanaannya dapat mengacu pada pedoman yang kami sampaikan melalui Whatsapp anak-anak  dan dapat dikembangkan sesuai kreasi dan kemampuan anak.

Kegiatan pesantren Ramadhan dilakukan dirumah dalam rangka untuk meningkatkan iman dan taqwa yang berupa pantauan ibadah harian menggunakan kartu kegiatan harian, pantauan panitia Pesantren melalui HP/Whatsapp untuk memastikan kegiatan sesuai dengan jadwal seperti kegiatan Sholat Dhuha, Dzikir pagi, tadarus, Sholat Isya’, Sholat Tarwih, dan lain-lain yang dilakukan dirumah.  Anak-anak juga menambah pengetahuan agama dengan menyaksikan Syiar Madrasah di TV, hafalan Al Quran, hafalan doa sehari hari, moderasi beragama dan yang utama untuk membentuk siswa yang berahlak mulia ( berkarakter) dilingkungan keluarga.

Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini juga di tanggal 4 – 8 Mei 2020, kelas IX melaksanakan Ujian Madrasah dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA menggunakan E-learning Madrasah. Tujuan dari ujian ini adalah untuk mengevaluasi keberhasilan program E-learning Madrasah sekaligus untuk memberi kesan kepada anak fungsi dan manfaat program tersebut.  Lgm

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *