Kepala MTs Negeri I Kulon Progo,  menyampaikan Surat Pemberitahuan No: B-165/Mts.12.01/04/2020,  Menindak lanjuti Surat Kepala kantor wilayah  kementerian Agama No: B-1240/Kw.12.1/4/HM.01/04/2020 Tanggal 21 April 2020, tentang perpanjangan masa pelaksanaan pembelajaran dirumah dan pengaturan jam dinas selama bulan ramadhan 1441 H.  Mulai Tanggal 21 s.d 13 Mei 2020. Surat edaran yang disampaikan kepada orang tua siswa melalui media social online/daring.

Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan siswa selama belajar dirumah yang setiap hari dipantau oleh guru Mata pelajaran, Wali kelas, Waka  Kurikulum, waka Humas dan kepala Madrasah  dilakukan dengan diskusi lewat Daring/Online ditindak lanjuti dengan membuat langkah-langkah untuk meningkatkan kewaspadaan untuk seluruh aktifitas akademika dalam  mengantisipasi penularan Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) termasuk pembelajaran dirumah dengan E-learning Madrasah.

El-learning madrasah merupakan suatu sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Halaman yang dibuat oleh Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran online/daring. Guru dan siswa dapat berinteraksi pada halaman web madrasah yang beralamatkan elearning.mtsn1kulonprogo.sch.id. Siswa-siswa sangat antusias dalam menggunakan sistem belajar yang baru ini, diawal beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan sistem seperti ini. Tetapi dengan kesabaran dan bimbingan para guru, siswa-siswa mulai terbiasa dan merasa senang menggunakannya.

Program E-learning madrasah MTsN I kulon progo dapat terwujud walaupun ada kendala seperti HP yang tidak bisa mengakses disebabkan yaitu akses internet yang kurang memadai untuk mengakses sistem tersebut. tetapi tidak mengurangi semangat siswa, guru menggunakan kesempatan yang baik, dari hasil evaluasi pantauan kegiatan siswa oleh Guru Mata pelajaran  dan Wali kelas, hasil siswa mengakses lebih dari 92% persen dari 466 siswa. Dengan demikian E-learning bisa terwujud dengan keterbatasan kondisi

Pada musim pandemi ini berbeda dengan hari-hari biasanya yang dilakukan di madrasah, seluruh kegiatan saat ini dilakukan di rumah masing-masing. Kami selalu mengingatkan kepada para guru dan tata usaha untuk selalu menjaga kesehatan dalam mensukseskan ikhtiar pencegahan COVID-19 dengan bekerja di rumah. Guru selalu mengingatkan siswa Sholat Dhuha, Dzikir pagi, Tadarus Al-Qur’an, Tahfidz di pagi hari, dan kegiatan sesuai Jadwal Madrasah. Himbauan juga disampaikan kepada seluruh stakeholder madrasah agar melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing. agar semua kegiatan yang telah bersama-sama dirumuskan pada rencana kerja tahunan dapat diwujudkan dengan baik.

Guru-guru juga banyak yang mengambil kesempatan meningkatkan keprofesionalitas guru dalam mengikuti diklat, membuat karya tulis, loka karya, seminar dan lain lain secara darling/online…semoga corona hanya menjadi cerita sejarah. kita tidak mengalami. Lgm

 

Sumber Foto : enisa – europa.eu

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *