Kepala MTs Negeri I Kulon Progo,  menyampaikan Surat Pemberitahuan No: B-160/Mts.12.01/03/2020,  Menindak lanjutai Surat Kepala kantor wilayah  kementerian Agama No: B-1073/Kw.12.1/4/HM.01/03/2020 Tanggal 31 Maret 2020, tentang pengaturan jadwal  sistem kerja ASN dan siswa belajar dirumah.  Mulai Tanggal 01 s.d 21 April 2020. Surat edaran yang disampaikan kepada orang tua siswa melalui media sosial online/daring. Dalam suasana yang semakin mencekam terutama pada wilayah Kulon Progo situasinya sepi karena aktifiatas anak-anak tidak berada disekolah serta anak-anak tidak boleh keluar rumah.

Setelah  siswa belajar dirumah selama tanggal 20 -31 Maret 2020, Guru Mapel, Wali kelas, Waka Mad dan Kepala Madrasah melakukan evaluasi dalam belaajar dirumah dan untuk merumuskan kegiatan peebelajaran berikutnya. Siswa sering menyampaikan keluh kesahnya  lewat Whatsapp. “Bapak kepala, anak-anak sudah kangen dengan bapak, dengan teman-teman, dengan bapak Ibu guru dan semuanya.  Rasanya sudah kangen pagi-pagi ketemu bapak, ketemu bapak ibu guru dengan disambut senyum dan jabat tangan, lari-lari kecil menuju Mushola untuk Sholat Dhuha dan Dzikir pagi, rasanya hidup penuh dengan suasana yang hangat dengan berbalut kekeluargaan. Berjajar menunggu kehadiran bapak ibu didepan kelas, berlatih disiplin masuk kelas satu persatu menyambut kehadiran guru tercinta, masuk ruang kelas berdiri di tempat kursi meja masing-masing, diawali dengan menghormat  bendera sang saka Merah Putih dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia raya, berdo’a dilanjutkan Tadarus atau hafalan surat-surat pendek, dan seterusnya.” Ujar salah satu siswa. Sangat menyentuh hati rasanya ingin kembali menjalani seperti hari-hari normal.

Khusus siswa kelas IX, Try out dibatalkan sesuai jadwal pelaksanaan tingkat D.I. Yogyakarta  tanggal 30 Maret – 2 April 2020 dengan sistem CBT. Sebelumnya hasil Try out mengalami peningkatan yang luar biasa, dari try out I tingkat Kab. Kulon Progo mendapat ranking 24 se Kab. Kulon Progo. Pada Try out ke 2 Kab. Kulon Progo mendapat ranking 13 se SMP/MTs kab. Kulon Progo, anak-anak bangga dengan apa yang sudah diraihnya sehingga apa yang telah diraih dapat memacu semangat dan energi baru bahwa kita bisa menjadi yang terbaik di Kulon Progo. Dengan mengobarkan semangat belajar, anak-anak sudah menyiapkan dan memperbaiki teknik belajar mereka untuk menjadi yang terbaik. Anak-anak belajar di luar jam efektif bersama guru dengan rasa senang, guru-guru sangat loyal dengan anak, disini guru sebagai tempat bertanya, curhat, mendengarkan problem anak, yang pada ujungnya memberi saran dengan penuh kasih sayang. Guru menjadi patner yang selalu memberi ide kreatif semangat dan cita-cita setingi langit. Jangan putus semangat anak-anak ku semoga Corona segera berlalu.  Lgm

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *