Kulon Progo (MTsN 1 Kulon Progo) – Sebanyak 20 siswa MTsN 1 Kulon Progo, Kamis, (27/02/2020) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Kabupaten Kulon Progo. Kunjungan ini  tidak lain untuk memberi bekal dan menanamkan cinta membaca kepada para siswa. Kegiatan ini menunjang program pemerintah yang telah mencanangkan kegiatan literasi melalui membaca. Selain itu, juga sebagai dukungan untuk program Wisata Buku dan Pesta Buku Murah yang diadakan oleh Dispussip.

“Dengan siswa berkunjung ke perpustakan, kami berharap mereka akan lebih akrab dengan buku sebagai sumber belajar.  Selain itu, dapat menjadi rekreasi yang murah dan berkualitas, “ ujar Marsidi, S. Pd., Waka Kesiswaan MTs Negeri 1 Kulon Progo, salah satu pendamping kegiatan ini.

 

Pendamping lain, Binti Muawanah, S.Pd. mengatakan bahwa anak-anak sangat antusias memilih dan membaca buku yang disediakan. “Tak ada satu  pun anak yang ngobrol dengan temannya. Mereka bersemangat sekali membaca buku di sini karena lengkap dan banyak yang sesuai dengan keinginan mereka,” ungkap  Binti.

Kepala MTsN 1 Kulon Progo, Drs. Legiman, M.S.I sangat mendukung kegiatan ini terutama agar para siswa lebih dekat dengan perpustakaan yang ada di daerahnya. Selain itu, agar mereka kembali mencintai buku dan sedikit demi sedikit mengurangi pemakaian gawai yang terlalu sering. “Dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini membuat anak-anak lupa akan adanya buku. Jadi, melalui kunjungan ini diharapkan mereka mau kembali membaca buku,” katanya.

Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi bazar buku murah di halaman kantor setempat yang berlangsung dari tanggal 19 Februari s.d. 6 Maret 2020. (sep)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.