Kulon Progo (MTsN 1 Kulon Progo) – Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK), MTs Negeri 1 Kulon Progo mengadakan kegiatan khusus untuk siswa kelas IX, yaitu Achievement Motivation Training (AMT). Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa kelas IX beserta orang tuanya, guru, dan karyawan MTsN 1 Kulon Progo.

Bertempat di ruang kelas VIII yang diubah menjadi aula, dalam AMT kali ini MTsN 1 Kulon Progo bekerja sama dengan Pancaran Qolbu Yogyakarta dengan Ustaz H. Purwanto, S. Ag atau yang lebih dikenal Mas Ipung sebagai motivator. “Tujuan kegiatan ini sebagai sarana penggugah kesadaran siswa kelas IX agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk meraih kesuksesan dalam UNBK dan UAMBNBK yang sebentar lagi akan dilaksanakan, “ ungkap Kepala MTsN 1 Kulon Progo, Drs. Legiman, M.S.I, Jumat siang (24/01/2020).

Pada kegiatan ini, setiap siswa duduk berdampingan dengan orang tuanya dan bersama-sama menyimak motivasi yang diberikan Mas Ipung. Mas Ipung menekankan bahwa ada 3 pilar dalam pendidikan, yaitu orang tua, guru, dan siswa itu sendiri. Ketiganya harus ada komunikasi satu arah dan keterbukaan. Ia juga menyampaikan bahwa hidup ini ada 3 kunci, yaitu iman, ilmu, dan amal. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah 4 aksi sukses, yaitu menjaga salat, membaca Al-Qur’an, belajar 3 waktu, dan perbaiki akhlak. Kata-kata sang motivator diiringi alunan musik syahdu membuat suasana di aula menjadi hening dan haru. Isak tangis memenuhi ruangan ketika anak memohon maaf dan memeluk orang tua mereka.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTsN 1 Kulon Progo, Drs. Hudayawan Arif berharap AMT bermanfaat bagi siswa dalam rangka menghadapi UNBK dan UAMBNBK. “Harapan kami, setelah dimotivasi melalui AMT ini, siswa-siswa akan lebih tenang dan semangat dalam belajar sehingga menghasilkan nilai yang sesuai target, “ujar Arif. (sep)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.